Arsip Blog

Kamis, 01 Desember 2011

Pahit Manis Nge-Bis (bagian 2)

Tereng...tereeeeng! Panasnya mentereeeng. Asli ya bolak-balik Tasik-Ciamis demi mengemis tanda tangan dosen pembimbing sungguhlah sesuatu, kalo kata Syahrini. Uyel-uyelan di bis 3/4 tanpa AC, rasanya kok lama-lama bisa juga jadi kondektur hihihi....Aih Mak Ciiik...gak ada bosen-bosennnya ngomongin bis. Sampe banyak yang penasaran kenapa oh kenapa kok saya suka banget nge-bis.

Ngebis itu, apalagi kalau jarak jauh...rasanya sungguh nikmat. Apalagi buat saya yang hobi melamun. Eits! Melamun itu kan gak berarti otak kosong melompong sehingga yang halus-halus bisa masuk dan bikin kita trance alias kesurupan...Buat saya, melamun artinya ngobrol sama diri sendiri. Kerasa gak sih, kalo di dalam diri kita tuh ada bagian yang lain? Yang bisa diajak ngobrol...yang kalo gak dirawat baik-baik bisa fatal, artinya tubuh, pikiran, dan jiwa jadi gak seimbang? Nah, melamun itu adalah cara saya ngobrol, ngupi-ngupi sama bagian diri saya yang di dalam. Bisa ngobrolin apa aja...tentang mimpi, tentang pengambilan-pengambilan keputusan, tentang merasakan munculnya kebahagian dari hal-hal kecil yang bertebaran di sekeliling, tentang kesedihan yang harus ditelan, intinya berefleksi! Melamun biasanya paling sering dilakukan ketika menjelang bobo kan...Hayo, kamu juga kalo mau bobo biasanya suka melamun...pikiran melayang...ngomong tanpa suara sama diri sendiri tentang apa saja.....Selain menjelang tidur, saya biasanya melamun di dalam kendaraan umum. Dan seringkali ide-ide cemerlang datang dari acara melamun dalam moda transportasi rakyat jelata tersebut hahahaha. Di angkot aja bisa sedemikian lezat melamunnya, apalagi di bis???

Saya paling suka duduk dekat jendela. Dulu sih waktu ngebisnya masih ijo, senengnya duduk di deret paling depan, persis di belakang sopir. Lama-lama malah stres gak tenang ngeliat bisnya mau pindah lajur atau nyalip-nyalip....deg-degan juga takut tabrakan atau apa gitu. Sekarang lebih milih duduk di tengah-tengah tapi harus dekat jendela. Memandangi segala hal yang dilewati bis tumpangan saya, rasanya menenangkan banget. Bisa lihat rumah, orang, papan reklame, lampu jalan, tiang listrik, pepohonan, sawah, kebun, jembatan, sungai, hal-hal tersebut bisa bikin mata saya berbinar dan hati saya mengembang bahagia. Kalau sudah bosan, tinggal menyetel jok bis senyaman mungkin lalu melamun! Enak deh, bisa menyerahkan sebagian kecil keputusan kepada orang lain yang kita sebut sopir bis. Mau ngebut, lambat, lurus, belok, nyalip, semua terserah dia. Kita tinggal duduk diam dan tenang-tenang saja. Intinya bisa escape, bisa kabur barang sebentar dari beban dan tanggung jawab terhadap diri sendiri.

Apa sih yang dilamunin? Apa saja! Berhayal, bermimpi, ngobrol hah-hihi atau seriusan sama diri sendiri tanpa suara bisa dilakukan leluasa. Perasaan jadi lega. Hal-hal yang semula kita anggap rumit, setelah berefleksi kok ya ternyata sebenenrnya sederhana, cuma kita sendiri yang bikin rumit. Tapi memang selain melamun ada hal lain yang saya suka dari ngebis ini. Menantang diri sendiri, bisa gak survive selama perjalanan? Selamat sampai tujuan gak nih? Belum lagi menghibur diri dengan segala tingkah polah orang-orang lain yang kita jumpai selama perjalanan. Pernah ya, saya digratisin sama kondekturnya pas balik dari Bojonegoro. Jadi dari Purwokerto sampai Tasik, si pak kondektur duduk disamping saya, spontan ngobrolin tentang anak laki-lakinya yang dia kuliahin di Jogja. Matanya berkaca-kaca, katanya dia rela berpeluh lelah dan bergelut dengan  kehidupan yang kejam di jalan, karena ternyata gak sia-sia. Anak laki-lakinya tersebut diterima di universitas negeri favorit nomor satu di Jogja. Dia gak ingin anaknya melakukan hal yang sama dengannya, jadi kondektur bis. Wow...yang namanya bapak ya...meskipun cinta kasihnya gak terungkap lewat sentuhan atau tutur kata, tapi jelas terasa di setiap tetes keringatnya. Nah, gara-gara ngobrol banyak hal sama pak kondektur ini, saya gak ditarik ongkos. Padahal saya udah siapin uangnya dan maksa supaya bapak kondekturnya terima. Merasa beruntung sekali ketemu orang asing yang baik di perjalanan betul-betul membuka mata saya bahwa seseorang yang kesan awalnya terlihat sangar, berangasan, tapi ternyata hatinya malaikat. Sampai pas saya turun di Tasik, saya cium tangan sama pak kondektur tersebut. Dia bengong, baru kali itu kali ada penumpang sun tangan sama kondektur hihihi...Gak dicium sih tangannya, saya taruh di kepala aja. Hitung-hitung minta doa sama orangtua. Dan....sekian tahun berlalu saya gak pernah ketemu sama pak kondektur itu lagi.

Saya kangen ngebis jarak jauh lagi, saat ini sih paling banter Tasik-Jakarta atau Tasik-Jogja. Karena sering jadi gak kerasa lagi lamanya hahaha...kalo macet pengecualian yah...Lagi mikir pengen ngebis ke Banyuwangi. Salah seorang sahabat saya ada di sana. Sekalian silaturahmi dan pengen jalan-jalan dan cari tahu apa yang menarik di ujung timur pulau jawa tersebut. Terus kan tanggung ya ke Bali tinggal sepelemparan batu aja dari Banyuwangi, ya nyebrang dong...terus ke rumah Pak Agung dan Bu Agung, sahabat yang sudah saya anggap keluarga sendiri. Kangen desa mereka di atas gunung di kabupaten Tabanan, dan mengunjungi teman-teman lain. Asik lha ya kumpul melepas kangen sambil berbagi sekaleng atau dua kaleng bir.

By the way, Tasik tuh termasuk gampang loh nyari bis kemana aja. Pool bis nya pun lumayan banyak dan ada di pusat kota. Yang paling ciamik ya pool bis Primajasa. Persis di tengah kota di samping hotel Mandalawangi. Kenapa suka banget, karena ruang tunggunya kayak bandara hehehehe...selain itu bersih pula plussss ada akses internet gratisan. Dia sih spesialis tujuan kota-kota di barat yah, macam Bekasi dan Jakarta. tapi enaknya kita bisa milih pool Jakarta terdekat dengan tujuan kita. Ada Kampung Rambutan, Cililitan, dan Lebak Bulus. Asoynya lagi, ketiga pool tersebut dekat dengan halte busway. Jadi untuk kamu yang kere kayak saya bisa berhemat bener hehehe. Selain itu masih ada P.O Budiman. Kalau dia mah karena lebih senior makan trayeknya lebih banyak. Barat-Timur ada. Tasik-Tanjungpriok aja ada! Ya kan kali aja ada yang mau terus numpang kapal barang gitu ke luar negeri hahahaha....Ke Timur juga lumayan banyak, Tasik-Jogja, Tasik-Wonogiri, Tasik-Solo, Tasik-Wonosobo juga ada. Ehemmm ;) hihihihi...Entah ya, mungkin karena secara geografis Tasik ini kan adanya di tengah-tengah, kota transit gitu, makanya bisa dipastikan hampir semua bis tujuan mana aja yg lewat jalur selatan mesti lewat Tasik.

Eh kan sempet gitu ya saya niat mau ikutan perkumpulan bis mania gitu. Tapi keder euy, kebanyakannya cowok. Padahal asik loh bisa tukeran info segala macam tentang bis. Yang paling seru mah ada satu komunitas pecinta bis rame-rame ngebis ke Sumatera! Iiiiiih mau pisannn! Pokoknya saya mah kalo liat bis PM.TOH atau DAMRI jurusan Lais, Bengkulu atau apapun lah kota di Sumatera suka langsung ngilerrr. Pengen pisan nyobain. Tapi kapan atuh yah....Kapan kapan kapan kapaaaan.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar